Pada tanggal 06 Р07  April 2021, bertempat di Ruang Ekpose Inspektorat Kabupaten Demak dilaksanakan kegiatan Bimbingan Teknis Penerapan Jabatan Fungsional Auditor (JFA) dengan narasumber dari Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait dengan siklus penerapan JFA, sosialisasi layanan terkait JFA di BPKP, memberikan solusi atas permasalahan penerapan JFA, dan memberikan rekomendasi strategis terkait dengan penerapan JFA di lingkungan Inspektorat Kabupaten Demak.
Pada hari pertama disampaikan materi mengenai perencanaan JFA dan pengangkatan JFA. Sedangkan hari kedua membahas tentang diklat dan sertifikasi JFA, angka kredit dan penilaiannya, serta pengusulan angka kredit melalui aplikasi Si Bijak (Sistem Informasi Bina Jabatan Fungsional Auditor Berkualitas).
Melalui penyelenggaraan bimbingan teknis penerapan JFA ini, diharapkan nantinya penerapan JFA di Inspektorat Kabupaten Demak telah sesuai dengan ketentuan sehingga APIP dapat berperan optimal dalam melakukan kegiatan pengawasan. Selain itu diharapkan dapat memberikan manfaat, yaitu meminimalisasi risiko permasalahan dalam penerapan JFA, memberi kemudahan bagi APIP dalam mendapatkan layanan terkait dengan JFA di BPKP, dan membantu APIP dalam menyusun rencana aksi penerapan JFA, pemenuhan standar kompetensi Auditor, serta pemenuhan kebutuhan Auditor.

(Admin/07 April 2021)