Dalam melaksanakan upaya pencegahan korupsi, sesuai dengan Peraturan Komisi Pemberantasan Korupsi Nomor 2 Tahun 2019 Tentang Pedoman Pelaporan dan Penetapan Status Gratifikasi Pasal 2 disebutkan bahwa Pegawai Negeri atau Penyelenggara Negara wajib melaporkan setiap penerimaan gratifikasi kepada KPK , apabila berhubungan dengan jabatan dan bertentangan dengan kewajiban atau tugasnya.  Guna mengefektifkan upaya pelaporan tersebut, Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik KPK melakukan penyempurnaan aplikasi pelaporan online yaitu Gratifikasi Online (GOL) 2.0.
Sehubungan dengan hal tersebut, Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik mengadakan kegiatan “Uji Coba Aplikasi Pelaporan Gratifikasi Online (GOL) 2.0 yang diselenggaran secara virtual pada hari Senin 8 Nopember 2021. Dan Admin Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) Kabupaten Demak terpilih menjadi salah satu peserta dari 21 tamu undangan.
Kegiatan diisi dengan pembekalan bagi peserta dengan materi mengenai Etika, Moral, dan Konflik Kepentingan dan Pemahaman Gratifikasi. Serta pemaparan modul Aplikasi GOL 2.0 untuk UPG . Yang dilanjutkan dengan Praktek Penggunaan Aplikasi GOL 2.0 secara langsung dengan dipandu oleh Tim Direktorat Gratifikasi dan Pelayanan Publik.
Ada beberapa hal baru dalam GOL 2.0, diantaranya yaitu adanya notifikasi mengenai proses penanganan pelaporan yang dikirim ke email pelapor serta diteruskan ke email UPG Kabupaten/Kota terkait. Dalam notifikasi ini dimuat tahapan penanganan laporan, yaitu informasi bahwa laporan telah diterima KPK, informasi hasil klaver dan file, informasi laporan dinyatakan lengkap dan file, informasi terbit SK Penetapan/Pemberitahuan dan file serta informasi pemberitahuan negative list dan file. Juga dimuat petugas KPK/PIC yang menangani pelaporan tersebut.
Dengan adanya kegiatan uji coba ini, diharapkan Admin UPG mengetahui perubahan yang terdapat dalam apikasi dan dapat mengoperasikannya dengan baik.

(Admin/8 Nopember 2021)