Jum’at 22 Oktober 2021, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Inspektorat Kabupaten Demak mengadakan pertemuan rutin bulanan di Ruang Pertemuan Lantai 3 Gedung Inspektorat. Kegiatan diawali dengan sambutan pembukaan oleh Ketua DWP Inspektorat, serta pembacaan laporan kegiatan dan keuangan.
Selanjutnya diisi dengan pemaparan materi tentang kesehatan reproduksi wanita oleh salah satu anggota DWP Inspektorat Kabupaten Demak. Tujuan disampaikannya materi ini adalah untuk mengingatkan kembali kepada anggota DWP inspektorat betapa pentingnya pengetahuan tentang kesehatan reproduksi wanita agar terhindar dari berbagai permasalahan yang tidak diinginkan.
Pengertian dari kesehatan reproduksi adalah keadaan kesejahteraan fisik, mental, dan sosial yang utuh dan bukan hanya tidak adanya penyakit atau kelemahan dalam sehala hal yang berhubungan dengan sistem reproduksi dan fungsi serta prosesnya.
Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita, yaitu :
1. Menggunakan pakaian dalam yang longgar dan menyerap keringat, untuk memastikan sirkulasi udara tetap baik di area sekitar vagina.
2. Segera ganti pakaian dalam bila basah atau berkeringat, karena suasana lembab akibat keringat dapat memudahkan bakteri tumbuh dan timbul iritasi, bahkan infeksi.
3. Bersihkan vagina setelah buang air kecil/besar dari arah depan ke belakang kemudian keringkan, untuk mencegah bakteri dari dubur masuk ke organ intim.
4. Ganti pembalut atau panty liner secara teratur, maksimal setiap 4 jam sekali untuk mencegah keputihan.
5. Jaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan cukup minum air putih.

(Admin/22 Oktober 2021)