SiMARDi Offline adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk mengolah data arsip dinamis, menciptakan perekaman data surat masuk dan keluar, membuat DPA (Daftar Pertelaan Arsip), membuat Lembar disposisi dan kartu kendali secara otomatis. Menetapkan arsip permanen, arsip musnah dan arsip dinilai kembali, merekam data akusisi arsip, mengatur jadwal retensi arsip secara otomatis dan proses dijalankan secara periodik, membantu proses manuver arsip, merekam data penyusutan arsip, memberikan pelayanan informasi arsip (penemuan kembali arsip).

Penerapan Sistem Otomasi Kearsipan adalah suatu solusi yang paling efektif bagi tujuan penertiban kearsipan lembaga/organisasi. Aplikasi ini dapat membantu pengelolaan kearsipan secara menyeluruh, baik penempatan klasifikasi yang tepat dan cepat, penertiban sistem penataan berkas yang baik, penelurusan data arsip yang cepat dan akurat serta dapat menuntun dalam melakukan penyusutan arsip yang tersebar.

Untuk itu aplikasi ini diperkenalkan kepada para CPNS yang baru bergabung di Inspektorat, agar selanjutnya mereka dapat mengoperasikannya dengan baik. Pelatihan dilakukan pada hari Rabu 3 Februari 2021 di Ruang Belajar Inspektorat yang dipimpin langsung oleh Kasubbag Umum dan Kepegawaian Inspektorat didampingi beberapa staf.

(Admin/3 Februari 2021)