Sebagai awal pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah  Tahun Anggaran 2020, Perwakilan BPK RI Jawa Tengah mengadakan entry meeting pada entitas pemeriksaan di wilayah Jawa Tengah secara daring pada hari Senin 25 Januari 2020.

Untuk tetap menjaga protokol kesehatan, Pemerintah Kabupaten Demak mengikuti kegiatan ini di tiga tempat. Dengan pembagian sebagai berikut :

  1. Ghradika Bina Praja (Asisten II, Dinparta, Dinpmptsp, Dindagkop UKM, Dinnakerind, Dinputaru, Dinperkim, Dinhub, Din LH, Dinpertan Pangan, Dinlutkan, BPBD)
  2. Command Center Kabupaten Demak (Plh. Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten III, Inspektorat, Dinkominfo, Dinperpusar, BKPP, Bappeda Litbang, BPKPAD)
  3. Inspektorat Kabupaten Demak (Asisten I, Sekretariat DPRD, Dindikbud, Dinpora, Dinkes, Dinsos P2PA, Dindukcapil, Dinpermades P2KB, Satpol PP, Kantor Kesbangpolinmas)

Pemeriksaan ini merupakan proses identifikasi masalah, analisis, dan evaluasi yang dilakukan secara independen, objektif, dan profesional berdasarkan standar pemeriksaan, untuk menilai kebenaran, kecermatan, kredibilitas, dan keandalan informasi mengenai pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Yang nantinya akan diberikan penilaian / opini atas laporan keuangan tersebut.
Menurut penjelasan UU No 15 2004 pasal 16 ayat (1), opini merupakan pernyataan profesional pemeriksa mengenai kewajaran informasi keuangan yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada kriteria kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian intern.
Pemeriksaan pendahuluan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Tahun Anggaran 2020 akan dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2021 sampai dengan 25 Februari 2021.

(Admin/25 Januari 2021)