Untuk mendiskusikan dan memahami bersama isi dari perubahan Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) atas Permenpan RB Nomor 26 Tahun 2020, maka pada hari Selasa 2 Juni 2020 diadakan Forum Group Discussion (FGD) PMPRB di Ruang Pertemuan Lt. 3 Inspektorat. FGD ini dihadiri oleh Sekretaris pada 15 (lima belas) OPD sampel yaitu dari BKPP, BPKPAD, DPMPTSP, Dindukcapil, Dindagkop UKM, Dinas Kesehatan, Dinkominfo, Dinperpusar, Dinpermades P2KB, Dinpertan Pangan, Bappeda Litbang, Kepala Dinparta, Kepala Dinlutkan, Kepala Dinperkim, Inspektur Pembantu Wilayah I, Kepala Bagian Organisasi Setda beserta 3 (tiga) orang Kasubbag, Kepala Bagian Hukum Setda.
Ada dua jenis PMPRB yang akan dilaksanakan, yaitu PMPRP Pusat dan PMPRB Unit. Untuk PMPRB Pusat diampu oleh Sekretariat Daerah (Bagian Organisasi, Bagian Hukum dan Bagian Pengadaan Barang/Jasa), Dinkominfo, BKPP, Bappeda Litbang, Inspektorat, BPKPAD, DPMPTSP dan Dinperpusar. Dengan akun asesor pusat yang mempunyai tugas melakukan verifikasi atas penilaian LKE Unit, bertanggungjawab pada Koordinator TPI dan memantau pengisian Lembar Kerja Evaluasi (LKE) Unit dan bertanggungjawab dalam pengisian LKE Pusat. 
Dalam PMPRB Pusat terdapat 2 (dua) komponen yang harus dipenuhi yaitu Komponen Pengungkit dan Komponen Hasil. Untuk komponen pengungkit terdiri dari pemenuhan 8 area perubahan, hasil antara area perubahan (Kualitas Pengelolaan Arsip, Pengadaan Barang/Jasa, Keuangan, Aset. Merit System. ASN Profesional, Kualitas Perencanaan, Maturitas SPIP, Kapabilitas APIP, Tingkat Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik) serta reformasi dalam 8 area perubahan.
Sedangkan untuk PMPRB Unit, hanya komponen pengungkit yang dilaporkan yaitu yang dilaksanakan di Perangkat Daerah tersebut. Komponen pengungkit yang dimaksud terdiri dari pemenuhan 8 area perubahan dan reformasi dalam 8 area perubahan. Dengan pelaksanaan PMPRB secara sampling di 15 (lima belas) perangkat daerah. Yaitu BPKPAD, BKPP, DPMPTSP, Dindukcapil, Dindagkop UKM, Dinkes, Dinkominfo, Dinperpusar, Dinpermades P2KB, Dinpertan Pangan, Bappeda Litbang, Inspektorat, Dinparta, Dinlutkan dan Dinperkim.
Untuk selanjutnya disepakati pada tanggal 10 Juni 2020 akan diadakan Desk PMPRB Pusat dan Unit di Inspektorat. Dimana bila ada yang perlu diperbaiki bisa segera diperbaiki antara tgl 10-16 Juni 2020 karena tgl 19 Juni 2020 akan dikirim ke Sekretariat Daerah. Yang kemudian dikirim ke Kemenpan RB sebelum tanggal 30 Juni 2020.

(Ardiani/02 Juni 2020)