Dalam rangka peningkatan kapasitas Inspektorat (APIP) Daerah lingkup Kabupaten Demak, Inspektorat Kabupaten Demak menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Pengawasan bertempat di Aula Inspektorat Kabupaten Demak pada tanggal 20 Mei 2020. Rakor dihadiri oleh seluruh Inspektur Pembantu, Para Kasubbag, dan seluruh staf Inspektorat Kabupaten Demak.
Rakor dibuka oleh Inspektur Kabupaten Demak menyampaikan bahwa dalam kondisi tugas Inspektorat yang semakin padat di tengah bulan Romadhan dimana kita harus bekerja maksimal saat sedang menjalani ibadah puasa ini, maka hendaklah kita selalu memberikan pelaksaan tugas yang terbaik. Beliau juga menyampaikan bahwa koordinasi ini sangat penting sebagai wadah komunikasi dari atasan ke bawahan serta sebagai forum menjernihkan hati di bulan suci ini dengan memberi dan menerima nasehat-nasehat yang positif. Selain itu, rakor ini bertujuan untuk mendorong Inspektorat Kabupaten Demak untuk terus meningkatkan kapasitasnya dalam mewujudkan peran APIP yang efektif.
Pada kesempatan ini juga disampaikan laporan kegiatan oleh Inspektur Pembantu Wilayah II bahwa permintaan data oleh BPKP terkait penanganan Covid 19 telah dibagi perwilayah, untuk Irban Wilayah I adalah data yang terkait bidang Kesehatan, Irban Wilayah II menangani data yang terkait JPS, Irban Wilayah III menangani data terkait Refocussing Anggaran dan Irban Wilayah IV menangani bidang ekonomi.
Pada akhir acara koordinasi, Inspektur Kabupaten Demak berpesan agar semua kegiatan yang terkait Covid 19 harus sesuai aturan yang berlaku bukan aturan yang seperti kondisi normal biasanya. Sehingga prosedur dan protokol kegiatannya harus dipenuhi. Dalam hal inilah peran inspektorat sangat dibutuhkan untuk menghindari adanya dokumen, prosedur ataupun aturan covid 19 yang tidak dipenuhi.

(Auditor Irbanwil 3/20 Mei 2020)