Jum’at 27 Maret 2020 diselenggarakan Rapat Koordinasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 yang bertempat di Ballroom Wakil Bupati. Rapat dihadiri oleh Bupati Demak, Wakil Bupati Demak, Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, Jajaran Forkopimda, serta Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Demak. Sedangkan para Camat mengikuti rakor ini di tempat kerjanya masing-masing melalui video conference.
Dalam sambutannya, BUpati Demak meminta untuk lebih mengoptimalkan aktivitas publikasi tentang Corona Virus Disease 19 (Covid-19) kepada masyarakat dengan memanfaatkan semua media yang ada. Diantaranya media website resmi, media sosial, dan media luar ruang berupa baliho, spanduk, dan poster. Sehingga masyarakat lebih mengetahui apa yang harus mereka lakukan terkait dengan adanya pandemi Covid-19 ini. Bagaimana cara penyebaran virus ini dan bagaimana pula cara pencegahannya.
Kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diperintahkan untuk terus memberikan pemahaman kepada masyarakat supaya sementara waktu tidak melakukan aktivitas yang mendatangkan orang banyak guna menghindari penyebaran virus corona. Dan untuk para pemudik yang berdatangan lebih awal ke kampung halaman agar didata dengan baik dan terus dipantau kesehatannya. Sehingga bila ada gejala sakit bisa segera ditangani.
Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Demak, sampai dengan hari ini di Kabupaten Demak terdapat 69 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 6 Orang Dalam Pengawasan (PDP). 6 orang pasien PDP ini dirawat selama 14 hari di RSUD Sunan Kalijaga, dengan masing – masing pasien ditangani oleh 6 orang tenaga medis yang dilakukan secara bergiliran dalam 3 shift. Dalam tugasnya tenaga medis ini membutuhkan Alat Pelindung Diri (APD) yang terdiri dari medicap, baju cover all, kaca mata google, sepatu boot, sarung tangan dan masker N95 yang saat ini jumlahnya terbatas. Untuk itu diharapkan semua pihak dapat membantu tercukupinya peralatan untuk penanganan Covid-19 ini.

(Admin/27 Maret 2020)