Sensus Penduduk Tahun 2020 ini bertujuan menyediakan data jumlah, komposisi, persebaran dan karakteristik penduduk sebagai langkah awal menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Ada dua tahapan Sensus Penduduk Tahun 2020, yaitu :
1. Sensus Penduduk Online, yang dilakukan dengan cara mengakses situs web sensus.bps.go.id mulai tanggal 15 Februari 2020 sampai dengan 31 Maret 2020.
2. Sensus Penduduk Wawancara, merupakan kegiatan lanjutan Sensus Penduduk Tahun 2020 yang akan dilakukan pada bulan Juli 2020. Pada tahap ini petugas sensus bersama Ketua / Pengurus RT melakukan verifikasi keberadaan setiap penduduk dan penyisiran seluruh penduduk di wilayah masing – masing, agar tidak ada satu pun penduduk yang tidak tercatat. Selanjutnya penduduk akan melakukan wawancara kepada penduduk yang belum berpartisipasi pada sensus secara online.
Sebagai bentuk peran aktif dalam mendukung Program Prioritas Nasional Pemerintah SP2020, maka pada hari Jum’at 20 Maret 2020 di Ruang Pertemuan Inspektorat dilakukan pengisian sensus secara bersama – sama dengan cara online melalui situs web sensus.bps.go.id. Kegiatan dipimpin langsung oleh Inspektur Kabupaten Demak diikuti seluruh karyawan Inspektorat Kabupaten Demak.

(Admin/20 Maret 2020)