Selasa 17 Maret 2020 di Ruang Ballroom Wakil Bupati Demak diadakan Pembekalan Materi Penyusunan Peraturan Perundang-undangan Bagi Aparatur Pemerintah Daerah. Kegiatan ini merupakan upaya untuk memberikan pemahaman tentang tata cara penyusunan peraturan perda kepada para OPD agar dalam merancang Peraturan Daerah tidak bertentangan dengan peraturan di atasnya. 
Dalam sambutannya, Bupati Demak mengatakan bahwa produk yang berkualitas mencermimkan tata kelola pemerintahan yang efektif, efisien dan akuntabel. Kalau kita sembarangan dalam membuat peraturan daerah akan terjadi sesuatu yang mencelakakan. Hidup ini perlu ada perlindungan hukum. Hidup yang baik adalah hidup yang sesuai dengan aturan. Dan produk hukum yang baik adalah hukum yang dapat dirasakan oleh masyarakat dan membuat masyarakat nyaman serta sejahtera.

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Demak, untuk mewujudkan produk hukum yang berkualitas tergantung dari beberapa hal. Yaitu :
       1. Sumber Daya Manusia  yang punya knowledge, skill, dan attitude yg baik.
       2. Sumber Daya Manusia yang punya integritas.
       3. Sumber Daya Manusia yang jujur dan tidak punya interest pribadi.
       4. Sumber Daya Manusia yang bertanggungjawab.
       5. Sarana dan prasarana yang memadai.
       6. Ada referensi yang valid dan berkualitas.
       7. Ada data dan informasi yang up to date.
       8. Ada anggaran yg cukup.
       9. Ada strategi dan proses yang jitu.
     10. Ada target produk yang berkualitas.
Asisten Pemerintahan dan Kesra menegaskan bahwa negara kita adalah negara hukum, segala sesuatunya berdasarkan peraturan perundang-undangan yang menjamin keadilan kepada warga masyarakat. Salah satu unsur negara hukum adalah adanya prinsip penegakan hak asasi manusia. Untuk itu Peraturan Daerah harus siap di uji judicial review ke Mahkamah Konstitusi.
Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Bagian Hukum dan Kasubbag Perundangan – Perundangan Sekretariat Daerah Kabupaten Demak.

Sumber : Auditor Irban II (Admin/17 Maret 2020)