Dalam rangka melakukan evaluasi atas kegiatan  Tim Pengawal Pengaman Pemerintahan dan Pembangunan Daerah  (TP4D) di Kabupaten Demak. Inspektorat Kab.Demak selaku APIP telah menyelenggarakan rapat koordinasi bersama TP4D Kejaksaan Negeri Demak pada Kamis, 14 Nopember 2019 di Hotel Amantis. Selain dihadiri Tim TP4D Kejari   dan Tim Auditor Inspektorat, rakor juga mengundang tiga Dinas yang telah dilakukan pengawalan yaitu DINPUTARU, DKK dan Dinas Pendidikan.

Pada kesempatan tersebut Kasie Intelijen  Fathkuroman, SH, MH memaparkan hasil monitoring dan evaluasi oleh TP4D terhadap satu paket pekerjaan alat kesehatan, lima paket pembangunan RSU Sultan Fatah dan paket Gedung Wanita serta lima belas paket pembangunan SD dan SMP. Harapan yang disampaikan adalah agar OPD, penyedia jasa maupun masyarakat hendaknya memahami secara utuh fungsi TP4D yang menekankan pada tindakan preventif untuk pencegahan terjadinya penyimpangan serta melakukan pembahasan atas permasalahan yang dijumpai oleh perangkat daerah.

Para kepala OPD yang hadir sepakat bahwa keberadaan TP4D sangat memberikan manfaat terhadap pelaksanaan pengadaan barang jasa pada tahun ini, dan berharap dapat berlanjut di tahun depan. Senada hal tersebut Ahmad Nur Wahyudi Asisten Pemerintahan dan Kesra mengharapkan peningkatan koordinasi antara APIP dengan TP4D tidak saja dalam hal pengawalan pada taraf pelaksanaan kegiatan namun juga  terhadap penerapan regulasi yang sering kali membutuhkan kajian  dalam aspek pertimbangan hukum.

Inspektur Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi menegaskan bahwa rakor tersebut merupakan sarana strategis dalam rangka evaluasi atas implementasi kebijakan pencegahan korupsi melalui koordinasi APIP dan TP4D.  Disamping itu, forum ini juga mengintegrasikan hasil pengawasan Inspektorat  dalam mencari solusi percepatan serapan anggaran belanja dan progres pengadaan barang dan jasa agar sesuai  target dan kualitas yang direncanakan. (Inspektorat / 14 Nopember 2019)