Inspektur Pembantu Wilayah IV hadir mewakili Inspektur Kabupaten Demak menyaksikan pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Demak periode 2019 – 2024. Pelantikan berlangsung dalam Sidang Paripurna Istimewa hari Rabu 2 Oktober 2019. Pimpinan DPRD yang dilantik adalah HS Fahrudin Bisri Slamet (PDIP) sebagai Ketua dengan tiga Wakil Ketua yakni Zayyinul Fata (PKB), Maskuri (Gerindra) dan Nur Wahid (Golkar). Proses pelantikan dihadiri Bupati Demak Muhammad Natsir, pimpinan Forkopimda, Sekda Singgih Setyono, Plt Sekwan An Wahyudi, Kepala OPD dan seluruh anggota DPRD Demak.

Selepas pelantikan, Ketua DPRD Kabupaten Demak Fahrudin Bisri Slamet mengungkapkan, dewan akan segera menyelesaikan pekerjaan rumah yang belum tuntas di periode sebelumnya. Semisal Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 tahun 2018 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa. “Nantinya kita akan koordinasikan dengan eksekutif agar pelaksanaan Pilperades yang akan datang berjalan kondusif”. Kemudian untuk Rancangan Peraturan Daerah (raperda) yang belum selesai di tahun 2019, akan dirampungkan pada sisa tahun ini. Setidaknya ada 15 raperda yang belum selesai pembahasannya. Maka akan dikerjakan panitia khusus (pansus) secara rangkap, yakni satu pansus membahas dua hingga tiga raperda. “Raperda yang sudah kita rencanakan dalam Propemperda akan kita selesaikan di tahun ini. Artinya peninggalan tahun kemarin akan kami selesaikan di tahun ini,” jelasnya.

Sementara Bupati Demak HM. Natsir dalam sambutnnya menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada seluruh pimpinan DPRD Kabupaten Demak dan juga anggota DPRD yang baru saja dilantik. “ Atas nama pemerintah kabupaten Demak, saya ucapkan selamat atas pelantikan pimpinan DPRD Kabupaten Demak. Serta anggota DPRD yang baru saja dikarenakan sedang menunaikan ibadah haji. Mari kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum yang tepat untuk menyegarkan kembali ingatan kita bahwa tugas utama anggota legsilatif adalah sebagai penyalur aspirasi masyarakat…” kata HM. Natsir.
Bupati berharap ada hubungan timbal balik yang positif antara eksekutif dan legislatif dengan harapan terjadi kesamaan misi dan visi dalam melakukan kegiatan pembangunan demi kesejahteraan masyarakat Demak. “ Mari bersama-sama memperjuangkan kepentingan rakyat. Ini sangat penting, karena rakyat memiliki kedaulatan tertinggi dalam demokrasi modern. Artinya, kepercayaan yang telah diberikan masyarakat harus dibuktikan dengan kinerja dengan penuh tanggung jawab, jujur, murni, dan bermuara pada kesejahteraan rakyat…” ajaknya. HM. Natsir menambahkan selama ini kerja sama yang sudah terbangun dengan baik antara Pemerintah Kabupaten Demak dan DPRD diharapkan dapat lebih meningkat dan berkualitas, mengingat masih banyak prioritas pembangunan dan kebutuhan rakyat yang sangat mendesak dan segera dilaksanakan. “ Mari tingkatkan terus komunikasi, koordinasi dan konsultasi demi terwujudnya masyarakat Demak yang agamis, lebih sejahtera, mandiri, maju, kompetitif, kondusif, berkepribadian dan demokratis…” imbuhnya. (Admin / 3 Oktober 2019)