SOLO – Pada sesi hari kedua Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) 2019 di Syailendra Ballroom Hotel Sunan Surakarta diisi dengan pemaparan materi strategi komunikasi aksi pencegahan korupsi pemerintah daerah yang dibawakan oleh mantan Kabiro Humas KPK Yuyuk Andriati.

Dalam paparannya disebutkan bahwa peran Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintahan Daerah sangatlah strategis dalam upaya pencegahan korupsi karena salah satu upaya mencegah korupsi adalah dengan memberikan edukasi dan wawasan serta informasi kepada masyarakat. Kerja sama dengan media massa sebagai mitra strategis juga harus terus ditekankan, sehingga pesan- pesan anti korupsi dan upaya pencegahan korupsi bisa tersampaikan kepada masyarakat. Termasuk pula menggunakan media sosial sebagai alat penyampai pesan.

Selain itu Bagian Humas di Pemerintahan Daerah dihimbau agar bekerja sama dengan Inspektorat Daerah untuk saling bertukar informasi terkait dengan upaya pencegahan korupsi di daerah. drh. Sudaryanti, Sekretaris Inspektorat Kabupaten Demak menyambut baik pernyataan tersebut. “Untuk selanjutnya kami akan berkordinasi dengan berbagai pihak untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan upaya pencegahan korupsi,” tandasnya. (Admin / 27 September 2019)