Rapat Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah Secara Nasional (Rakorwasdanas) Tahun 2019, dilaksanakan oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI di Sumaryo Grand Ballroom Hotel Sunan Solo tanggal 25 – 26 September 2019 dengan peserta utusan dari 34 provinsi dan 548 kabupaten/kota di Indonesia. Rakorwasdanas ini wujud nyata sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik. Ada tiga hal yang ingin di capai dalam kegiatan Rakorwasdanas Tahun 2019 ini yaitu koordinasi pengawasan penyelenggaraan pemerintah daerah, pemukhtahiran data tindak lanjut hasil pengawasan pemerintah daerah dan evaluasi strategi nasional pencegahan korupsi.

Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri RI Hadi Prabowo dengan membacakan sambutan dari Menteri Dalam Negeri RI Tjahjo Kumolo. Dalam sambutannya disampaikan bahwa efektifitas pengawasan pemerintahan sangat diperlukan saat ini untuk menghadirkan tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabel, transparan, efektif, efisien, gesit, lincah, dan cekatan. Juga pentingnya semangat menghadirkan sumber daya manusia aparat pengawasan intern pemerintah (SDM APIP) yang unggul dan profesional dalam melaksanakan fungsinya. Ditambah lagi pencegahan korupsi harus menjadi prioritas kerja, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Semangat dan efektiftas pengawasan itu baru dapat terwujud apabila pemerintah pusat dan pemerintah daerah saling bersinergi. Pemerintah pusat dan pemerintah daerah perlu memiliki
tujuan, langkah, dan optimisme yang sama dalam menghadapi semua tantangan saat ini. Belum memadainya kuantitas dan kukitas SDM APIP secara nasional menjadi satu diantara sejumlah tantangan yang dihadapi. Berdasarkan data hasil pemetaan Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, kebutuhan SDM APIP baru terisi 12.904 dari total 32.337 jabatan. Padahal, salah satu syarat untuk menjadikan organsisasi yang efektif,harus memiliki SDM yang efektif sebagai fondasi utama.

Kabupaten Demak ikut andil dalam pelaksanaan Rakorwasdanas Tahun 2019 yang langsung di hadiri oleh Inspektur Daerah Kabupaten Demak Kurniawan Arifendi, ST. Menurut pendapatnya kegiatan Rakorwasdanas Tahun 2019 ini memberikan pemahaman akan perubahan intansi pengawasan yang handal dan mampu menjawab tantangan serta peningkatan kompetensi yang menjadi faktor utama dalam menopang kinerja Inspektorat selaku Aparat Pengawas Intern Pemerintah. (Admin / 26 September 2019)