Pegawai Negeri Sipil yang tidak masuk kerja tanpa alasan yang sah selama 46 (empat puluh enam) hari kerja atau lebih terancam hukuman disiplin berat yaitu diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri. Hal tersebut ditegaskan saat dilakukan pemeriksaan disiplin PNS terhadap oknum guru yang telah meninggalkan kewajibannya sejak Januari 2019. Pemeriksaan yang dilakukan oleh Tim dilaksanakan pada Hari Kamis 29 Agustus 2019 bertempat di Ruang Pembinaan BKPP Kabupaten Demak.

Tim yang terdiri dari unsur pengawas, atasan langsung PNS yang bersangkutan dan BKPP tersebut menghadirkan guru yang telah meninggalkan tugas dan kewajibannya, namun guru yang indisipliner tersebut tidak hadir. Hal tersebut dikarenakan yang bersangkutan sudah tidak diketahui keberadaannya dan tidak bisa dihubungi. Pemeriksaan dilakukan dengan menganalisis dokumen- dokumen pendukung yang tersedia, diantaranya pembinaan yang telah dilakukan oleh kepala sekolah, daftar kehadiran PNS dari sekolah dan bukti pembayaran gaji PNSnya.

Sangat disayangkan guru yang berpotensi tersebut memutuskan meninggalkan tugas, sementara tenaga dan pikirannya sangat dibutuhkan di sekolah yang sangat kekurangan guru PNS tersebut. (Irbanwil III / 29 Agustus 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *