Dalam rangka percepatan penyaluran Dana Desa (DD) dan mencegah terjadinya penyelewengan D ana Desa, Kementerian Desa dan PDTT melakukan kegiatan Monev Kerjasama Pencegahan Pengawasan dan Penanganan Permasalahan Transfer Dana Desa. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari wilayah provinsi Jawa Tengah mulai tanggal 29 – 31 Juli 2019. Dalam Kunjungannya ke Kabupaten Demak, Tim Monev yang terdiri atas unsur Kemendagri, Kemendes PDTT, dan Mabes Polri yang tergabung dalam Sekber DD singgah di Kecamatan Sayung pada hari Senin, 29 Juli 2019.

Dengan dipandu oleh Pejabat Dinas Pemberdayaan masyarakat Desa Provinsi Jawa Tengah, Tim Monev melakukan tatap muka untuk memperoleh gambaran tentang penggunaan dana Desa mulai dari perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, dan pertanggungjawaban. Pada kesempatan tersebut dijelaskan secara berturut-turut mengenai DD oleh Camat Sayung, Dinpermades P2KB Kabupaten Demak, Inspektorat kabupaten Demak, dan Kapolsek Sayung.

Setelah selesai tatap muka di Aula Kecamatan Sayung dilanjutkan dengan tinjauan lapangan ke Desa Loireng Kecamatan Sayung. Rombongan diterima oleh Kades Loireng dan perangkat desa lainnya. Kepala Desa menjelaskan mengenai perencanaan, pelaksanaan, dan pertanggungjawaban keuangan DD termasuk hambatan dan kendala yang dihadapi mengenai pelaksanaan DD. (Irbanwil II / 30 Juli 2019)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *