Kertas Kerja Telaah Sejawat Antar Irban

Salah satu hal yang harus dipenuhi dalam dokumen Kapabilitas APIP adalah adanya Reviu Internal / Telaah Sejawat Antar Irban. Yang mana untuk pelaksanaannya didahului pembahasan Kertas Kerja Telaah Sejawat untuk penyamaan persepsi terkait data dukung yang terdapat dalam kertas kerja.

Pembahasan ini dilaksanakan di Ruang Briefing Lt. 1 hari Jum’at 26 Juli 2019 yang dihadiri oleh Inspektur Pembantu Wilayah dan perwakilan auditor serta P2UPD dengan pimpinan rapat Sekretaris Inspektorat.

Kertas Kerja Telaah Sejawat ditetapkan berpedoman pada peraturan AAIPI (Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia) dengan poin – poin sebagai berikut :

  1. Kecermatan Profesional Auditor, mengulas tentang penugasan audit dimana data dukung yang dibutuhkan adalah PKA (Program Kerja Audit).
  2. Perencanaan Penugasan Audit Intern, mengulas tentang program kerja penugasan individual yang mencakup prosedur untuk mengidentifikasi, menganalisis, mengevaluasi, dan mendokumentasikan informasi selama penugasan, termasuk metodologi yang digunakan, serta prosedur untuk mendeteksi adanya ketidakpatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, kecurangan (fraud), dan ketidakpatutan (abuse).
  3. Pelaksanaan Penugasan Audit Intern, mengulas tentang adanya reviu berjenjang pada kertas kerja penugasan, penyimpanan kertas kerja dan laporan penugasan, serta kebijakan dan      prosedur yang wajar mengenai pengamanan dan penyimpanan informasi audit intern.
  4. Komunikasi Hasil Penugasan Audit Intern, mengulas tentang pendapat dan simpulan atas laporan  hasil penugasan audit  intern , ketepatan penerbitan laporannya, kelengkapan, keakuratan, keobjektifan, serta pendistribusiannya.

(Umpeg / 26 Juli 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *