SAKIP & PMPRB 2019

Kamis 25 Juli 2019 di Ruang Rapat Gedung B Lantai V Sekretariat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah dilaksanakan Rapat Koordinasi Sistem Akuntabilitas kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dan Reformasi Birokrasi (RB) Pemerintah Provinsi beserta Pemerintah Kabupaten / Kota se-Jawa Tengah Tahun 2019.

Rapat Koordinasi dibuka oleh Kepala Biro Organisasi Provinsi Jawa Tengah, dalam sambutannya beliau menekankan beberapa hal antara lain :

  1. Pada tahun 2018, Pemerintah Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah mengalami progres perkembangan SAKIP yang signifikan. Hanya 8 kabupaten yang masih memiliki nilai CC yaitu Kabupaten Grobogan, Kebumen, Magelang, Purbalingga, Rembang, Sukoharjo, Semarang dan Temanggung.
  2. Bagi Kabupaten/Kota yang memiliki nilai B dan TPP tinggi merupakan anomali karena TPP harusnya berbanding lurus dengan kinerja. Jika TPP tinggi maka kinerja harus tinggi dan kinerja tinggi ditunjukkan nilai SAKIP yang tinggi tidak  sekedar B.
  3. Bagi Kabupaten/Kota yang memiliki nilai SAKIP B hanya melakukan hal yang seharusnya dilakukan. Belum ada inovasi untuk perbaikan kinerja, oleh karena itu Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan melakukan pendampingan.
  4. Solusi yang bisa dilakukan untuk menaikkan predikat SAKIP adalah seluruh Perangkat Daerah harus dievaluasi, kualitas Indikator Kinerja Utama harus ditingkatkan di level outcome. Tidak hanya sekedar dokumen namun lebih ke implementasinya.

(Progkeu / 25 Juli 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *