Skip to content

WTP Kabupaten Demak

Kabupaten Demak kembali meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI atas Laporan Keuangan pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017. Hal tersebut setelah Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) LKPD tahun anggaran 2017 diserahkan oleh Kepala BPK Perwakilan Jateng, Hery Subowo kepada Bupati Demak, HM Natsir (28/5) di Gedung BPK Perwakilan Jateng. Prestasi ini merupakan kali kedua diperoleh Pemerintah Kabupaten Demak, setelah tahun lalu Demak mendapatkan WTP.

Hery Subowo dalam sambutannya menyampaikan bahwa predikat WTP merupakan sebuah kewajiban bagi seluruh pemerintah daerah. “Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan dari jumlah Kabupaten/Kota di Jateng yang mendapatkan WTP. Hal ini disebabkan, WTP merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemerintah Daerah yang mendapatkannya.”

Sementara itu, Bupati Demak, HM Natsir menuturkan bahwa perolehan WTP dua tahun berturut turut ini menunjukkan kinerja pemerintahan yang semakin baik. Terutama pada pengelolaanm dan pertanggungjawaban serta aset.
“Prestasi ini merupakan hasil kerja seluruh pihak. Kedepan, kita harus bisa mempertahankan prestasi ini”, tegas Bupati.
Bupati menambahkan bahwa Opini WTP merupakan bukti laporan keuangan Kabupaten Demak sudah baik dan akuntabel. Opini WTP tersebut juga merupakan suatu apresiasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas kinerja Pemerintah Kabupaten Demak. Pemerintah Kabupaten Demak dinilai berhasil menyusun dan menyajikan laporan keuangan yang sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan, efektifitas sistem pengendalian interen, dan

Hal senada juga disampaikan Inspektur Kabupaten Demak, Kurniawan Arifendi, ST menuturkan bahwa tahun ini WTP harus dipertahankan. “WTP harga mati. Maka sedari awal, kami berkomitmen untuk bisa mempertahankan WTP”.

Berbagai upaya juga terus dilakukan untuk mempertahankan predikat ini. “Kepala OPD kami himbau untuk dapat mendampingi tim BPK yang turun ke Demak. Ini kami lakukan, mengingat, para Kepala OPD lah yang tahu persis pembangunan yang ada di Demak”, tutur Kurniawan.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Demak, Nurul Muttaqin mengapresiasi capaian WTP tersebut. Dia berharap prestasi tersebut dapat dipertahankan dengan kualitas yang semakin baik. (*Humas Demak)

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang WTP, klik di sini.




Copyrights © 2019 All Rights Reserved by Inspektorat Kabupaten Demak